6 Teknik Pukulan dalam Bidang Olahraga Biliard

Berita Terbaru Olahraga – Biliard merupakan salah satu olahraga bola kecil yang populer dan menarik untuk dipelajari. Memang untuk bisa menguasai jenis olahraga yang satu ini cukup sulit. Pasalnya anda harus memasukkan bola targer dengan memukul bola inti (putih) terlebih dahulu. Berbagai macam teknik dapat dipelajari ketika bermain Biliard. Selain itu ada aturan khusus yang…

Published by admin inMarch 4, 2021

Berita Terbaru Olahraga – Biliard merupakan salah satu olahraga bola kecil yang populer dan menarik untuk dipelajari. Memang untuk bisa menguasai jenis olahraga yang satu ini cukup sulit. Pasalnya anda harus memasukkan bola targer dengan memukul bola inti (putih) terlebih dahulu. Berbagai macam teknik dapat dipelajari ketika bermain Biliard. Selain itu ada aturan khusus yang juga harus anda pahami dan terapkan ketika bermain Biliard. Olahraga ini sering dianggap sebagai olahraga yang mahal karena memerlukan beberapa peralatan khusus seperti, stik (cue), meja biliard (table), Bola (ball) dan akseseoris pendukung lainnya. Namun kali ini kita akan membaha mengenai Teknik Pukulan dalam Biliard. Apa saja ya? Simak contoh dan penjelasannya dibawah ini.

6 Teknik Pukulan dalam Bidang Olahraga Biliard

  1. Stop Ball

Stop Ball atau Stop Shoot adalah jenis pukulan termudah dalam permainan biliar. Intinya tongkat dilakukan tepat di tengah bola putih (Cue Ball). Efeknya, bola akan berhenti di tempatnya, jika dipukul sejajar dengan bola target, atau setidaknya bergerak sesedikit mungkin setelah mengenai bola target. Jika pukulan tidak dilakukan secara paralel, bola tidak akan bergerak terlalu cepat atau terlalu lambat. Situasi Stop Shoot yang sempurna dapat terjadi ketika bola isyarat, bola target, dan lubang yang diinginkan berada dalam garis lurus.

  1. Draw Shoot

Teknik ini dilakukan dengan memukul bola putih sedikit di bawah titik tengah, secara polos dipukul pada titik pukul 6. Efek dari pukulan ini adalah bola akan mundur setelah dipukul oleh bola sasaran. Ini terjadi ketika bola target dipukul sejajar. Sedangkan jika tidak sejajar maka sudut pantulan bola akan semakin lebar. Pukulan ini relatif sulit untuk pemula, tetapi biasanya setelah mencoba dan mempraktikkan teknik yang benar tidak terlalu sulit. Mungkin biasanya kesulitan akan muncul saat Anda melakukan pukulan seri dari jarak yang sangat jauh.

  1. Follow Shoot

Follow Shoot adalah tendangan yang bertujuan untuk membuat Cueball bergerak maju setelah mengenai bola sasaran. Teknik bola ini dilakukan dengan cara memukul bola putih sedikit di atas garis tengah. Efek yang terjadi adalah jika bola sasaran dipukul sejajar maka bola putih tersebut akan bergerak maju. Sedangkan jika tidak sejajar, bola putih akan memiliki sudut pantulan yang lebih sempit dan memiliki kecepatan yang lebih cepat. Pemula biasanya menyukai pukulan ini, bahkan seringkali tanpa disadari ketika bermain karena jenis pukulan ini bisa dipraktekkan oleh siapa saja, bahkan untuk pemain yang baru pertama kali bermain sekalipun.

  1. Spin Shot

Spin Shot juga merupakan salah satu teknik pemukulan bola dalam billiard. Caranya sendiri yaitu dengan memukul bola sedikit ke kiri atau kanan dari titik tengah bola putih. Pada saat Spin Shot dilakukan nantinya bola putih akan memantul ke arah yang lain (sesuai efek). Spin Shot dilakukan ketika player menginginkan bola putih untuk parkir di tempat yang lebih bagus selanjutnya.

  1. Jumpshot

umpshot adalah teknik melakukan lompatan bola putih untuk menghindari bola menghalangi jalur cueball dengan bola sasaran. Dilakukan dengan isyarat khusus (tongkat) dengan cara menekan bola putih dari atas sehingga bola menekan laken dan menyebabkan bola bereaksi bergerak ke atas. Pukulan yang biasanya jarang dilakukan kecuali sangat dipaksakan atau ada peluang untuk memaksa bola sasaran menggunakan jumpshot.

  1. English

English merupakan sebuah istilah dalam biliard yang artinya memukul bola dengan memakai efek. Pukulan ini memungkinkan bola keluar dari jalur. Jika menggunakan bahasa Inggris maka hukum sudut datang sama dengan sudut refleksi mungkin tidak berlaku lagi, karena dengan bahasa Inggris, garis bola putih dimanipulasi sedemikian rupa oleh pemain untuk mendapatkan posisi yang baik untuk tembakan berikutnya.